Cara Mengatasi Jumlah Postingan di Halaman Utama (Hompage) yang Tidak Sesuai Pengaturan

Januari 15, 2017

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi jumlah postingan di halaman utama (hompage) blogspot yang hanya tampil dua sampai tiga artikel atau jumlah artikel postingan di halaman depan blogspot tidak sesuai dengan pengaturan, sehingga tampilan pada halaman utama (hompage) blog menjadi tampak tidak rapi.

Masalah di  atas terjadi pada salah satu blog saya, tadinya saya berpikir mungkin ada kesalahan pengaturan jumlah postingan pada blog saya, akan tetapi setelah saya lihat ternyata tidak terdapat kesalahan dalam pengaturan tersebut.

Berbagai cara telah saya coba untuk memperbaiki masalah tersebut, mulai dari menyeting ulang jumlah postingan dengan mengatur jumlah postingan yang ada di pengaturan pada halaman dashboard blogger hingga mengedit kode script HTML yang ada pada template, bahkan dengan mencoba mengganti template blog saya. Namun hasilnya sama saja tidak ada perubahan pada halaman utama blog saya, dan lebih parah lagi setelah saya memposting artikel baru, yang tadinya jumlah postingan di homepage ada tiga berkurang menjadi dua.

Akhirnya saya mencari solusi di Google untuk mengatasi jumlah postingan di homepage yang tidak sesuai pengaturan itu. Kebanyakan artikel di Google membahas cara mengatur jumlah postingan di blogspot, seperti berikut ini. 

Cara mengatur jumlah postingan di homepage blogger
#1. Login ke dasbor blogger
#2. Klik Setelan
#3. Klik Pos dan Komentar
#4. Ganti setelan angkanya
#5. Simpan
Namun cara ini juga tidak bisa mengembalikan jumlah posting di homepage agar sesuai pengaturan, postingan tetap saja hanya muncul 2 artikel.

Penyebabnya ternyata bukan pada kode template error, juga bukan pada pengaturan jumlah pos di hompage, jadi untuk kasus yang saya alami tidak memerlukan kode HTML untuk mengutak atik template agar jumlah posting di homepage tidak berantakan lagi.

Penyebab jumlah postingan di homepage tidak sesuai pengaturan pada blogspot adalah terjadi kesalahan, kerusakan atau error pada HTML (bukan compose) pada saat memposting artikel. Hal ini biasanya terjadi karena kita tidak menulis artikel di blogger, melainkan di Microsoft Word lalu dicopas ke blogger. Atau copas artikel dari blog lain.

Penyebab lainnya adalah menambahkan gambar dengan cara mengcopy paste, harusnya mengupload gambar ke postingan dengan cara upload, bukan copas ke halaman posting. Berbeda dengan WordPress, ketika kita copy paste artikel dari Ms. Word ke visual editor WordPress maka format fontnya otomatis menyesuaikan dengan default WordPress. 

Cara mengatasi jumlah postingan di hompage tidak sesuai pengaturan
Setelah mengetahui penyebabnya, saya membackup satu persatu artikel di blog yang bermasalah tadi. Karena arsip artikel di komputer sudah hilang, terpaksa saya copas lagi satu per satu artikel dari blog ke Word lalu di clear formating dan dirapihkan lagi.

Dan karena saya tidak tahu artikel mana yang bermasalah, maka saya mengedit satu per satu artikel di blog. Agar linknya tidak berubah, maka mengeditnya cukup menghapus artikel pada bagian compose dan bersihkan pula kode-kode pada HTML, kemudian ganti  lagi dengan artikel yang sudah diperbaiki di Word, klik perbarui, lalu lihat blog.

Begitulah seterusnya sampai HTML postingannya tidak ada yang error, dan hasilnya pengaturan jumlah postingan di homepage kembali berfungsi. Postingan yang tadinya hanya tampil 2 artikel saja di homepage, bisa kembali normal sesuai pengaturan.

Nah, jika jumlah postingan pada homepage blog sobat cuma tampil 2 artikel atau tidak sesuai dengan pengaturan, cobalah atasi dengan memperbaiki format penulisan artikel. Semoga bermanfaat.
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »