Hikmah Masa Iddah 4 Bulan 10 Hari bagi Wanita dalam QS. Al-Baqarah ayat 234

Mac 06, 2017

وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجًا يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا فَعَلْنَ فِي أَنْفُسِهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya:
Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber 'iddah) empat bulan sepuluh hari. Kemudian apabila telah habis  'iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat. (QS. Al-Baqarah: 234)

Berkaitan dengan maasa iddah bagi perempuan yang ditinggal mati suaminya kurang lebih 120 hari, atau 4 bulan 10 hari, juga untuk wanita yang dicerai suami. Hal ini sudah diadakan penelitian oleh Tim Peneliti dari Amerika Serikat, dan ditegaskan oleh Dr.Jamal Eddin Ibrahim, seorang professor Toksiologi di Universitas of California dan Direktur Laboratorium Penelitian Hidup, jika memang benar ada hikmah terbesar dari waktu diisyaratkan iddah oleh Islam.

Ternyata sistem imun wanita (kekebalan tubuh wanita) mengungkapkan adanya sel-sel kekebalan khusus yang memiliki memori genetik yang akhirnya dapat mengenali benda asing atau obyek yang masuk dalam tubuh wanita dan juga turut menjaga serta menyimpan karakteristik sifat genetik obyek itu. Dan ternyata yang luar biasa adalah jika sel-sel tersebut hidup selama 120 hari didalam sistem reproduksi wanita.

Selanjutnya ada fakta yang mengejutkan, jika ada perubahan benda asing yang masuk ke wanita seperti sperma sebelum masa ini habis, bisa terjadi gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya yang akan mengakibatkan penyakit ganas, seperti kanker rahim dan payudara yang bisa menimpa pada wanita yang berhubungan dengan lebih satu lelaki. Hingga sekaligus hal ini menjawab pertanyaan mengapa wanita tidak dibolehkan poliandri sedang lelaki boleh berpoligami.

Hingga logikanya akan menjadi seperti ini, karena memang pada dasarnya sel-sel khusus mempertahankan dan menjaga unsur genetik yang masuk pertama kali selama 120 hari, hingga apabila pada masa tersebut terjadi pernikahan lagi atau ada sperma lain masuk, jika terjadi kehamilan maka si janin akan membawa sebagian dari sifat genetik pada suami pertama dan sekaligus suami kedua (orang lain).
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »