Asking Questions - Wh + H Questions

September 02, 2017

Wh + H disini merujuk pada: where, when, why, who, whom, what, which, whose, how. Pertanyaan yang diawali Wh + H ini adalah pertanyaan yang memerlukan “penjelasan” lebih panjang dari yes/no questions. 

Perhatikan dengan baik pola membuat kalimat dengan Wh + H:

Wh + to be/ auxiliary verb + subject + rest of sentence

Contoh menggunakan to be:
Where is she?
Who are they?
Why are you angry with me?
How was your meeting yesterday?

Lihat, pola setelah kata Wh atau H diikuti dengan to be lalu subject, kemudian bisa lanjutkan dengan bagian kalimat yang lain bila klaimatnya panjang.

Contoh menggunakan auxiliary verb:
How did you go to school last week?
Where do they live?
Where does he live?
Why did you drop the course?

Lihat, pola setelah Wh atau H diikuti dengan auxiliary verb lalu subject, kemudian dilanjutkan dengan dengan bagian kalimat lain bila kalimatnya panjang. Khusus untuk kata who dan what, ada waktunya tidak dibutuhkan subject, tetapi langsung verb, biasanya dalam simple past. Contoh:

Who came to dinner?
What happened yesterday?

Pada dua kalimat ini, subjectnya sama dengan yang ditanyakan who atau what, jadi tidak perlu ada subject lagi atau auxiliary verb.

Bagaimana menjawab pertanyaan yang diawali dengan Wh dan H? 
Pertama, bila bentuk pertanyaannya sederhana, seperti where do you live? Who are they? Atau semacamnya. Jawab dengan mengambil subjectnya dahulu, menjadi I live …… dan They are ….. Bisa juga dijawab langsung, missal pertanyaannya: who is she? My friend. Dan seterusnya.
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »