TOEFL Structure Skill 4: Hati-Hati dengan Present Participle

September 12, 2017

Present participle adalah bentuk -ing dari kata kerja (Verb), misal talking, playing, dan lain-lain. Present participle bukanlah verb, tetapi kata sifat. Dalam kalimat, berhati-hati dengan keberadaan present participle karena bisa membingungkan kita dalam mencari verb yang sebenarnya. Present participle menjadi bagian dari verb bila di dahului oleh “tobe”.

Perhatikan dua Fungsi Present Participle dibawah ini.
1. Berfungsi sebagai Verb (Kata Kerja).
Present Participle berfungsi sebagai verb ketika verb-ing ditemani oleh to be. Dalam kasus ini, kalimat akan sama seperti continuous tense.

Contoh Present Participle yang berfungsi sebagai verb sebenarnya: The man is talking to his friend.

Kata 'talking' dalam kalimat ini bukan present participle yang berfungsi sebagai adjective, melainkan verb yang sebenarnya karena didahului oleh tobe 'is'.

2. Berfungsi sebagai Adjective (kata sifat).
Present participle berfungsi sebagai adjective atau kata sifat ketika hanya verb-ing saja yang muncul, tanpa ada to be di depan verb-ing ini.

Contoh Present Participle yang berfungsi sebagai kata sifat: The man talking to his friends has a beard.

Kata 'talking' dalam kalimat ini adalah present participle yang berfungsi sebagai kata sifat karena tidak ada tobe yang mendahului, hanya verb-ing: talking saja. Dalam kalimat ini, the man merupakan subject, talking adalah present participle, dan has berfungsi sebagai verb.

Contoh soal:
The child …………….. playing in the yard is my son.
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was

Kata 'the child' adalah subject dalam kalimat ini. Terdapat kata playing dan tobe 'is'. Artinya, is adalah predikat dalam kalimat ini atau yang berfungsi menggantikan verb. Jadi, kalimat ini sudah memiliki subject dan verb, lengkap. Berarti pilihan yang ada subject dan verb bukan jawaban, seperti di (B), (C), dan (D).

Jawaban yang benar adalah (A) Now. Kalimat ini hanya membutuhkan pelengkap yang bukan subject dan verb. Kata Playing dalam kalimat ini merupakan present participle, tidak ada tobe di depannya.

Kunci dari permasalahan ini adalah dengan Present Participle tersebut apakah Berfungsi sebagai Verb (Kata Kerja) ataukah Berfungsi sebagai Adjective (kata sifat).

Semoga Bermanfaat...
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »