10 Tips dan Trik Tersembunyi Aplikasi Android WhatsApp

Februari 14, 2016
1. Hilangkan “last seen”
Ketika Anda melihat sebuah kontak di WhatsApp, umumnya terdapat tulisan last seen pada bagian bawah nama kontak tersebut, menunjukan waktu terakhir mereka mengakses WhatsApp. Untuk Anda yang tidak ingin orang lain melihat last seen Anda, Anda dapat mematikannya dengan cara klik Setting > Account > Privacy > Last Seen dan pilih Nobody.

2. Chat History
Untuk Anda yang mau berganti perangkat, Anda dapat menyimpan semua riwayat obrolan Anda. Untuk smartphone yang dilengkapi kartu microSD, Anda dapat klik Menu > Setting > Chat Setting > Backup Conversation. Kemudian, pindahkan microSD ke smartphone baru, install WhatsApp dan restore chat history Anda.

3. WhatsApp-an di PC
Jika PC Anda sudah terinstall Google Chrome, Anda dapat menggunakan WhatsApp di PC. Caranya, buka web WhatsApp dan ikuti petunjuk lanjutan yang perlu Anda lakukan di smartphone. Pastikan bahwa smartphone Anda terhubung ke internet karena aplikasi website akan melakukan sinkronisasi semua data dari smartphone. Kemudian, jalankan WhatsApp, buka pilihan WhatsApp Web di menu dan scan QR code di Chrome.

4. Berhenti Tampilkan Gambar di Galeri
Anda mungkin terganggu jika semua gambar dari WhatsApp akan muncul di Camera Roll untuk pengguna iOS atau galeri untuk smartphone Android. Namun, Anda dapat menonaktifkannya dengan mudah. Untuk iOS, Anda dapat klik Setting > Privacy > Foto kemudian pilih off. Untuk Android, gunakan file manager, buka sdcard / WhatsApp / Media, lalu klik New Folder dan buat file dengan nama .nomedia.

5. Waktu Pesan Dibaca
Anda pun dapat mengetahui secara detail waktu pesan yang Anda kirimkan sudah dibaca. Caranya, tekan dan tahan pesan yang tercontreng biru, tekan ikon Info (i) dan Anda pun akan mengetahui waktu pesan tersebut sudah dibaca penerima.

6. Lock WhatsApp
Untuk Anda pengguna iOS, Anda perlu jailbreak perangkat Anda untuk bisa mengunci WhatsApp. Namun untuk Android, ada banyak aplikasi keamanan yang dapat melindungi obrolan WhatsApp dengan PIN atau password. Aplikasi tersebut misalnya App Lock, Smart App Lock atau Messenger and Chat Block.

7. Mute Group
Ada kalanya Anda akan terganggu oleh notifikasi yang disebabkan oleh group chat. Jika Anda pengguna iOS dan ingin mematikan notifikasi, Anda dapat buka grup chat, tekan subjek untuk membuka Group Info kemudian tekan Mute. Untuk smartphone Android, Anda dapat membuka Chat, pilih Menu dan tekan Mute. Disini, Anda dapat menentukan jangka waktu atau menghapus centang pada Show Notification untuk mematikan notifikasi secara permanen.

8. Pulihkan Pesan yang Dihapus
WhatsApp menyokong pesan di perangkat setiap pukul 4 pagi. Cara mudah untuk memulihkan pesan yang dihapus adalah uninstall aplikasi ini dan memasangnya kembali. Nah, saat proses ini Anda akan ditanya untuk memilihkan pesan dari backup  yang mencakup pesan selama 7 hari terakhir. Sementara itu, untuk Anda yang ingi mengembalikan history chat dalam waktu lebih lama di perangkat Android, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti ES File Explorer, buka sdcard / WhatsApp / database. Di database tersebut, Anda dapat memilih backup mana yang ingin dikembalikan, kemudian mengganti nama file dengan msgstore.db.crypt. lanjutkan dengan klik Setting > Apps > WhatsApp > Clear Data, buka kembali WhatsApp dan pulihkan data.

9. Buat Shortcut
Jika terdapat obrolan tertentu yang ingin cepat Anda akses, Anda dapat membuat shortcut ke home screen. Caranya, tekan dan tahan pada obrolan tertentu, pilih Add Conversation Shortcut dari menu pop-up dan obrolan tersebut akan muncul di home screen.

10. Kirim Broadcast Message
Dengan broadcast message, Anda dapat mengirimkan pesan secara masal. Untuk pengguna Android, Anda dapat klik Menu dan pilih New Broadcast. Sementara jika Anda penguna iOS, klik Broadcast List di layar chat dan klik New List.
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »