Bahaya Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer bagi Kesehatan

Februari 15, 2016

1. Gangguan pada Tulang Belakang 
Banyak artikel yang membahas tentang posisi duduk yang baik saat depan komputer. Tapi nyatanya, banyak orang yang tak memerhatikan hal ini. Resikonya, punggung akan terasa pegal. Ini yang saya rasakan ketika kurang olahraga dan lama duduk depan komputer. Gangguan ini biasanya karena posisi duduk yang salah seperti membungkuk, atau menyerong ke kiri atau ke kanan. Jika terlalu lama dalam posisi ini, maka  badan akan kaku. Resiko buruk adalah gangguan pada tulang belakang berupa syaraf tulang yang terjepit.

2. Gangguan Penglihatan
Sudah jelas, gangguan kedua adalah gangguan pada mata. Bayangkan,  duduk berlama-lama, berjam-jam atau malah lebih dari sepuluh jam menatap layar komputer. Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut karena pasti sudah tahu kalau layar monitor  mengandung radiasi yang bisa merusak mata. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk tidak terlalu berlama-lama menatap layar komputer. Istirahatkan mata setelah satu atau dua jam dengan tidak menatap layar komputer.

3. Serangan Jantung
Ini serius! Ada sebuah penelitian di London yang menyatakan bahwa terlalu lama duduk depan komputer bisa menimbulkan resiko sernagan jantung sampai 67%. Sebuah angka yang cukup besar. Penyebab terjadinya serangan jantung ini dipicu oleh badan yang kurang gerak. Sekali lagi, olahraga memang sangat penting terutama untuk mereka yang sering duduk di depan komputer.

4. Obesitas
Obesitas atau kegemukan adalah bahaya lain yang timbul akibat terlalu banyak duduk di komputer. Tidak aneh kan melihat banyak ahli IT atau mereka yang bekerja di kantoran terlihat gemuk dibandingkan waktu mereka muda. Ini karena mereka jarang berolahraga. Lemak dalam tubuh mereka tidak jadi energi karena badan pasif artinya kurang gerak.

5. Sakit Kepala
Cahaya dari layar komputer adalah cahaya flourescent. Cahaya ini ternyata bisa menyebabkan seseorang sakit kepala jika terlalu lama menatap layar komputer. Tidak aneh, jika ada pekerja yang lama duduk depan komputer merasakan sakit pada kepala. Saya juga tampaknya pernah merasakan hal ini. Sebuah efek yang membuat saya malas menatap layar kembali.

6. Penggumpalan Darah
Orang yang terbiasa lama duduk depan komputer berpotensi mengalami penggumpalan darah. Hal ini terjadi karena tubuh yang kurang gerak membuat aliran darah tidak normal. Lagi-lagi karena kurangnya gerak.  Penggumpalan darah ini bisa memicu pecahnya pembuluh darah  yang tentunya sangat berbahaya.

7. Daya Ingat yang Menurun
Ada penelitian yang menyebutkan jika duduk  terlalu lama di depan komputer bisa menurunkan kualitas ingatan. Orang yang duduk lebih dari 55 jam dalam satu minggu ternyata berpotensi menurun daya ingatnya dibandingkan orang yang duduk kurang dari 41 jam dalam satu minggu. Jika ingin daya ingat berkualitas tentunya harus mengurangi waktu untuk duduk terlalu lama depan komputer.
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »