Shalat Meminta Hujan (Istisqa)

Februari 08, 2016

Shalat istisqa adalah shalat untuk memohon kepada Allah agar diturunkan hujan ketika terjadi kekeringan tanah dan lamanya musim kemarau. Caranya adalah sebagai berikut:
Hendaknya shalat dilaksanakan dengan berjamaah, sebanyak dua rakaat, tanpa adzan dan iqamat. Waktunya kapan saja, selain waktu yang dimakruhkan. Pada rakaat pertama membaca surat Al-A’la, dan rakaat kedua membaca Al-Ghasiah.. Kemudian imam berkhutbah, baik setelah shalat maupun sebelumnya. Seperti dalam keterangan berikut:
Nabi keluar untuk mengerjakan shalat istisqa disertai pakaian biasa sehari-harinya, serta penuh harapan. Beliau mengerjakan shalat dua rakaat sebagaimana shalat  Hari Raya, tetapi tidak berkhutbah seperti yang sekarang ini” (HR. Bukhari dan Muslim).
Cara kedua adalah memohon hujan ketika berkhutbah pada hari Jumat. Hendaknya  imam membaca doa kemudian diamini oleh jemaah shalat.
Cara lainnya adalah dengan semata-mata berdoa, bukan pada hari Jumat dan bukan pula dengan shalat istisqa, di dalam atau diluar masjid.

loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »