Peran Penting Pendidikan Keluarga

Januari 27, 2016

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya merupakan sebuah peribahasa yang sudah sangat kita kenal yang mengartikan bahwa sifat, prilaku, dan karakter anak tidak akan jauh dari orang tuanya. Memang merupakan sebuah fakta yang logis bahwa pendidikan yang pertama dan yang paling utama adalah pendidikan dari keluarga itu sendiri. Peribahasa tersebut mengindikasikan bahwa anak secara tidak langsung akan meniru apa yang dia dengar, lihat, dan rasakan dari orang tuanya.

Dimana perlu kita garis bawahi sebelumnya akan adanya perbedaan antara pendidikan dengan pengajaran. Pengajaran adalah proses transformasi ilmu kepada objek pengajaran itu sendiri, dimana tidak adanya penekanan atau pun kontrol dari pengajar tersebut untuk mejadikan adanya progres dari ilmu yang telah ditransformasikannya itu. Sedangkan pendidikan itu tidak hanya mentransformasikan ilmu saja, akan tetapi hal yang utama dari pendidikan itu adalah adanya perubahan dari yang buruk menjadi baik, dari yang tidak bisa menjadi bisa, yang intinya akan melahirkan sebuah produk yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu keluarga lah yang sangat berperan penting dalam membentuk karakter seorang anak, karena keluarga adalah tempat pertama seorang anak mendapatkan pendidikan dari proses pendengaran, penglihatan, dan apa yang dirasakan yang akan mempengaruhi proses pendidikan. Patutlah orang tua untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada anaknya, karena dari pikiran yang positif akan melahirkan perkataan yang yang positif, selanjutnya dari perkataan positif melahirkan perbuatan yang positif, dan dari perbuatan positif yang terus diulang-ulang tersebut akan melahirkan sebuah karakter yang positif.
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »